Trik Jitu Mengatasi Usaha Percetakan yang Sepi Pelanggan

sablon digital terbaik

sablon digital terbaik

Memulai usaha percetakan atau persablonan memang tidak semudah mengelola usaha food & beverage. Terlebih lagi ketatnya persaingan dalam dunia persablonan dan percetakan memang membuat beberapa usaha percetakan pasti pernah mengalami momen sepi pelanggan. Lalu apa yang harus Anda lakukan jika usaha percetakan Anda mengalami penurunan pelanggan? Tidak usah khawatir, berikut adalah beberapa trik jitu yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi usaha percetakan yang sepi pelanggan. 

Hal pertama yang paling penting adalah dengan melakukan pemasaran atau pengiklanan, entah itu secara offline maupun online. Pemasaran yang paling mudah dilakukan adalah dengan memasang banner besar atau membuat display tentang promo yang sedang berlangsung di toko Anda. Cara sederhana lain yang bisa Anda lakukan dengan membagikan kartu nama, dan memasarkan usaha sablon digital terbaik Anda dengan cara WOM (Word of Mouth) atau pemasaran dari mulut ke mulut. 

Jika cara tradisional sudah ditempuh, maka saatnya mencoba cara digital yaitu dengan menerapkan strategi branding atau digital marketing. Anda bisa memanfaatkan media sosial dan periklanan online seperti fitur iklan yang ada di Facebook Ads, Instagram, Twitter, atau Youtube.

sablon digital terbaik

sablon digital terbaik

Ketiga, dalam bisnis percetakan juga dibutuhkan endorsement. Jika Anda memiliki banyak orang yang diendorse, maka tingkat kepercayaan calon pelanggan juga tinggi. Pada bisnis percetakan peran endorse juga bisa membantu meningkatkan orderan atau pesanan dari konsumen. 

Jika dirasa ketiga cara tersebut belum cukup, Anda bisa melakukan periklanan melalui email marketing, website, SEO, dan masih banyak lagi. Bila Anda memiliki usaha sablon digital terbaik, memiliki website khusus dapat sangat membantu. Membuat website untuk usaha Anda bisa membantu menjangkau konsumen dan calon konsumen dari seluruh Indonesia secara online. 

Berinovasi dan Memperluas Jangkauan Produk

Selain melakukan pemasaran dan pengiklanan untuk mendapatkan brand awareness dan mendapatkan lebih banyak pelanggan, Anda bisa memanfaatkan kondisi pandemi ini untuk membuka jangkauan customer baru. Misalnya saja dengan menawarkan jasa sablon masker pada UMKM hingga sablon custom. 

Semenjak wajib memakai masker, membuat usaha pembuatan masker cukup menjanjikan. Anda bisa gunakan ini sebagai celah bisnis untuk meningkatkan pendapatan atau membuka jalan pada pelanggan baru. 

Ingatlah, usaha percetakan bukan hanya tentang iklan atau kertas. Anda selalu bisa mengembangkan dan melakukan inovasi pada usaha Anda. Untuk Anda yang saat ini sedang menjalankan usaha percetakan berskala kecil, tidak ada salahnya berinvestasi pada Mesin Laminating Roll A3 FM3510. Sebuah mesin laminasi untuk melaminasi dokumen dengan ukuran lebar media 33cm/330mm dengan parameter menggunakan plastik roll yang cocok untuk usaha media percetakan, maupun fotocopy. Selain Laminating Roll, Anda bisa menemukan alat perlengkapan sablon lainnya di Eragrafika, toko perlengkapan sablon terlengkap di Medan. 

Eragrafika menjual berbagai peralatan sablon yang bisa Anda beli secara online atau offline. Kunjungi laman eragrafika.com untuk cek detail produknya.