Rubber VS Plastisol, Sablon Mana yang lebih Baik untuk Kaos?

Rubber VS Plastisol, Sablon Mana yang lebih Baik untuk Kaos?

Ada dua jenis sablon yang cukup sering digunakan dalam membuat kaos, yaitu sablon plastisol dan sablon rubber. Lalu apakah perbedaan keduanya? Manakah yang lebih baik untuk kaos? Bagi Anda yang masih belum paham tentang keduanya, ada baiknya simak penjelasan lengkap dari Era Grafika, tempat menjual alat sablon medan termurah di bawah ini. 

Sablon Plastisol

Sablon satu ini adalah jenis sablon yang menggunakan tinta plastisol berbasis minyak. Sablon plastisol ini juga disebutkan sebagai salah satu jenis sablon terbaik dan berstandar internasional. Tinta dari sablon plastisol ini akan terlihat lebih baik jika digunakan untuk mencetak gambar pada kain yang berwarna gelap dibandingkan dengan menggunakan sablon rubber. 

Kualitas tinta plastisol sangat baik, kuat dan tidak mudah kering. Karena itulah biasanya hasil sablon yang diberikan bisa menyerupai dengan gambar aslinya, efek warna yang diberikan juga berkualitas baik. Karena itulah sablon tipe ini menjadi pilihan banyak orang.

Selain tahan lama, warna yang dihasilkan lembut dan tidak mencolok, terlihat cerah dan tidak kusam. Tidak membuat permukaan kasar juga, aman meskipun sering dicuci dan dikeringkan menggunakan mesin pengering. Anda bisa mendapatkan alat sablon plastisol di Era Grafika, tempat jual alat sablon Medan termurah. 

Meskipun begitu, ada beberapa yang harus Anda perhatikan sebelum memilih jenis sablon yang satu ini. Pertama adalah harganya yang lebih mahal daripada sablon rubber. Kedua, Anda harus berhati-hati saat menyetrika karena jenis sablon ini akan cepat menghilang jika terkena setrika. 

Sablon Rubber

Sablon satu ini merupakan jenis sablon yang banyak dipilih oleh orang-orang karena kualitasnya yang layak untuk dipertimbangkan. Berbahan dasar dari karet, sablon jenis ini juga merekat dengan baik pada bahan kaos yang digunakan. 

Selain berbahan dasar karet, sablon rubber juga merupakan jeni sablon berbasis air atau water based. Tinta yang digunakan dicampur dengan air untuk menghasilkan warna yang lebih kaya. Ada tiga jenis tinta dalam sablon rubber yang memiliki fungsinya masing-masing. 

Tinta rubber putih untuk sablon putih pada kain gelap, tinta rubber netral untuk campuran penetral warna dan rubber transparan untuk dicampur dengan warna lain demi hasil warna yang lebih cerah. Penggunan sablon jenis ini disarankan digunakan untuk kaos dengan warna dasar gelap dan sebaiknya tidak digunakan pada kaos berwarna terang. 

Sablon tipe rubber ini banyak dipilih orang karena harganya yang terjangkau. Dapatkan sablon rubber secara murah hanya di Era Grafika, tempat jual alat sablon Medan termurah. Cocok untuk dibuat produksi kaos dengan budget yang tidak terlalu besar. Hampir di semua konveksi sablon, jenis sablon rubber ini lebih mudah ditemukan dan peminatnya tetap banyak hingga saat ini. 

Lalu mana yang lebih bagus untuk sablon kaos?

Berdasarkan penjelasan di atas, kedua jenis sablon tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sebagai tempat jual alat sablon Medan termurah, Era Grafika merangkumkan untuk Anda mana yang lebih bagus diantara sablon plastisol dan sablon rubber jika diaplikasikan ke kaos. 

Keduanya bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keperluan produksi Anda. Jika Anda ingin memproduksi kaos sekaligus dalam jumlah yang besar dengan harga terjangkau, sablon rubber lah jawabannya. Namun jika Anda menginginkan produksi kaos dengan kualitas tinggi tanpa melihat harganya, sablon plastisol-lah jawabannya

Jadi sekarang Anda tinggal pilih ingin hasil yang seperti apa berikut dengan budget yang disesuaikan dengan kantong. Untuk produksi hasil kaos sablon terbaik, baik dengan cara digital maupun manual, Anda bisa kunjungi Era Grafika. Tempat percetakan yang menjual alat sablon Medan termurah dan terpercaya.