Perbedaan Stempel Flash, Trodat, dan Runaflek

Setiap instansi, perusahan atau industri pasti memiliki logo resmi yang digunakan. Logo tersebut merupakan ciri khas atau bisa juga representasi dari instansi atau perusahaan. Selain itu, logo tersebut juga akan dipakai pada stempel untuk untuk digunakan sebagai cap resmi dan sah. Pembuatan stempel pun dapat dilakukan di percetakan sablon termurah dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya.

Macam-macam stempel yang sering digunakan terdapat 3 jenis. Masing-masing stempel memiliki perbedaan khas tersendiri yaitu mulai yang manual hingga yang praktis. Agar Anda lebih memahami stempel dan penggunaannya maka silahkan simak ulasan berikut.

Stempel Flash

Mesin Stempel Flash Standard Import

Stempel flash ini dapat menghasilkan cap yang lebih menarik karena dapat menggunakan warna seperti yang diinginkan. Hal itulah yang membuat stempel flash juga dinamakan sebagai stempel warna.

Stempel fash ini lebih praktis karena Anda dapat menggunakannya tanpa harus mengisi tinta secara berulang. Tinta tersebut sudah sudah tersedia pada saat Anda membeli stempel. Selain itu, tinta bawaan stempel dapat digunakan sekitar 5000 cap. Jika stempel menghasilkan cap yang geblok ketika digunakan maka Anda dapat menekan nya sehingga akan menghasilkan cap bagus lagi.

Kelebihan stempel flash dibandingkan dengan stempel lain yaitu lebih praktis. Anda dapat menggunakannya tanpa harus menggunakan bantalan seperti jika menggunakan stempel manual. Cap yang dihasilkan oleh stempel ini juga lebih menarik karena dapat menggunakan warna yang tidak umum. 

Stempel Runaflek

percetakan sablon termurah

percetakan sablon termurah

Stempel runaflek biasanya menggunakan kayu sebagai pegangannya. Namun, ada pula yang menggunakan bahan akrilik. Untuk dapat menghasilkan cap seperti logo yang diinginkan biasanya menggunakan bantalan karet. Di zaman yang serba teknologi seperti saat ini, proses pembuatan stempel runaflek lebih cepat dengan bantuan mesin.

Stempel jenis ini masih menggunakan cara manual untuk mengisi tinta. Anda harus menggunakan bantalan yang isi dengan tinta kemudian menempelkan stempel tersebut sebelum menggunakannya. Agar cap yang dihasilkan tidak ngeblok maka cara mengisi tinta bantalan terlalu banyak.

Stempel ini memiliki kekurangan yaitu kurang praktis karena Anda harus membawa bantalannya. Selain itu, penggunaan warnanya juga terbatas sehingga tidak dapat dikombinasikan dengan warna lainnya.

Stempel Trodat

Jika dibandingkan dengan kedua stempel di atas, trodat merupakan jenis stempel yang paling bagus. Sekilas stempel ini mirip dengan stempel flash karena tidak menggunakan tinta dari luar atau bantalan tinta. Harga stempel ini lebih mahal jika dibandingkan dengan stempel jenis lainnya karena proses pemasangan karena yang cukup susah. 

Kelebihan yang didapat dengan menggunakan stempel ini diantaranya yaitu dapat memuat logo perusahaan. Stempel lain juga dapat menggunakan log namun tidak sebagus yang dihasilkan oleh stempel trodat. Kelebihan lain yaitu Anda dapat mencantumkan jam dan juga tanggal pada stempel.

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, namun stempel trodat juga memiliki kekurangan. Kekurangan pertama yaitu harganya lebih mahal dari yang lainnya. Selain itu, cap yang dihasilkan kadang kurang bersih karena terdapat bercak-bercak.

Anda dapat membuat berbagai macam stempel di percetakan Eragrafika yang menawarkan harga miring namun berkualitas. Percetakan ini juga membuka pelayanan online sehingga dapat menjangkau semua wilayah. Bagi Anda yang tinggal di Medan dapat datang langsung ke toko. Sedangkan untuk Anda yang tinggal jauh dari Medan dapat mengakses website resmi yang tersedia.

Percetakan ini tak hanya melayani pembuatan stempel namun juga berbagai macam kebutuhan lainnya. Bahkan, harganya yang murah menjadi rekomendasi terbaik jika Anda ingin memulai bisnis baru seperti souvenir, pembuatan ID card, undangan dan lain-lain.