Mengenal Digital Printing dan kelebihannya untuk Percetakan

Seberapa jauh Anda mengetahui tentang digital printing? Seperti yang diketahui, digital printing adalah metode dalam percetakan modern yang melibatkan teknik digital sebagai media transfer antara materi ke media percetakan. Singkatnya, Digital Printing bisa juga disebut sebagai proses pencetakan gambar yang sudah didesain ke media fisik. Sablon digital terbaik dapat digunakan bukan hanya pada media cetak berupa poster, kartu nama, atau ID card saja tetapi juga bisa diterapkan pada sablon kaos. 

Digital Printing

Disebut digital printing karena usaha percetakan kini menggunakan printer laser atau inkjet, sehingga proses yang dihasilkan menjadi lebih cepat, hemat waktu dan harga lebih terjangkau. Sebenarnya teknik printing ini sudah berkembang sejak tahun 90-an. 

Perkembangan zaman menjadikan digital printing bisa digunakan untuk mencetak media dari bahan semi plastik seperti banner, baliho, spanduk dan lainnya. Karena itulah, digital printing menjadi salah satu yang menguntungkan untuk usaha percetakan. 

Keuntungan Menggunakan Sablon Digital Terbaik Automatic Heat Press

Digital printing juga bisa digunakan untuk percetakan sablon baju. Ada banyak tempat sablon digital terbaik di Indonesia yang menyajikan hasil print sablon terbaik juga. Terutama bagi mereka yang menggunakan Mesin Press Baju Digital Otomatis atau yang biasa disebut Automatic Heat Press. 

Mesin Automatic Heat Press dapat digunakan untuk mencetak kaos, baju, masker, mouse pad, dan lain sebagainya. Mesin Press Baju Digital Otomatis dilengkapi dengan elektromagnet yang kuat sehingga memudahkan proses pengerjaan. Otomatis, yang berarti auto open, dimana tidak ada lagi insiden terbakar atau gosong karena press akan terbuka sendiri ketika timer selesai. Sehingga Anda tetap bisa mencetak banyak barang tanpa harus tergantung dengan keahlian operator. 

Tidak hanya itu, mesin Automatic Heat Press tersebut juga memiliki count system yang membantu perhitungan kuantitas sehingga Anda tidak perlu repot mencatat hasil. Mesin ini juga dilengkapi dengan rail system yang dapat menjauhkan tangan dari pelat panas. 

Dengan menggunakan alat Automatic Heat Press, proses pengerjaan akan lebih simple, gampang, dan efektif mengingat mesin ini sudah sangat digitalisasi dalam penggunaanya. Spesifikasi mesin:

– Ukuran Cetak 38×38 cm

– Pengaturan Suhu 0 – 210 Derajat Celcius

– Pengaturan Waktu 0 – 999 detik

– Daya Voltase 220V

– Daya Power 1800 Watt

– Berat Mesin 35Kg

Jenis-Jenis Digital Printing yang Populer

Nah agar lebih mendalami tentang digital printing, mari simak beberapa jenis digital printing yang populer di Indonesia. 

  1. Inkjet Printer, bisa digunakan untuk membuat souvenir seperti MUG, undangan pernikahan. Cetak foto dan lainnya. 
  2. Mesin Plotter, biasa digunakan mencetak media yang lebar. Mulai dari 1,5 meter sampai 5 meter. 
  3. Digital Offset, mampu menghasilkan cetakan berukuran A4-A0. Biasanya digunakan untuk mencetak buku, peta, kalkir dan lainnya. 
  4. Flatbed Printing, biasanya dikhususkan untuk mencetak di media tebal seperti kayu, kaca, keramik dan kaca akrilik. 
  5. Sablon Digital/Sablon DTG. tergolong baru di dunia percetakan dimana jenis printer ini mampu mencetak langsung diatas permukaan kain seperti katun dan polyster. 
  6. 3D Printing, disebut sebagai sebuah teknologi baru yang banyak digunakan oleh berbagai teknologi untuk menghasilkan objek 3D sesuai dengan keinginan. 

Itulah pengertian, kelebihan, hingga jenis-jenis digital printing yang harus Anda ketahui. Seperti yang disebutkan di atas untuk menjadi tempat usaha sablon digital terbaik, paling tidak Anda harus memiliki Automatic Heat Press yang bisa Anda beli di toko sablon digital terbaik Indonesia, Eragrafika. 

Kunjungi website eragrafika.com untuk cek katalog dan melakukan pemesanan secara online maupun offline. Semua barang dan alat bisa dikirimkan ke seluruh Indonesia!