Masalah yang Sering Dialami Ketika Melakukan Sablon Manual

PERCETAKAN SABLON TERMURAH

PERCETAKAN SABLON TERMURAH

Usaha percetakan sablon hingga saat ini masih menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Salah satu hal penting yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini adalah peralatan dan bahan yang berkualitas. Nah, Anda bisa mengunjungi Eragrafika, pusat peralatan percetakan sablon termurah dan terlengkap di Medan. Bagi Anda yang berada di luar kota tak perlu khawatir, karena semua pembelian bisa dilakukan secara offline maupun online. 

Selain mempersiapkan peralatan, sebelum memulai usaha percetakan sablon, Anda juga harus memahami berbagai permasalahan yang sering dijumpai. Ada beberapa masalah yang sering dialami dalam proses pencetakan sablon manual terutama untuk sablon kain. Masalah-masalah tersebut diantaranya adalah:

PERCETAKAN SABLON TERMURAH

PERCETAKAN SABLON TERMURAH

  • Perbedaan Warna Hasil Produksi Dengan Sampel 

Seringkali salah warna terjadi pada hasil pencetakan dengan sistem sablon. Salah warna yang dimaksud disini adalah warna tidak sesuai (berbeda) dengan warna pesanan atau warna yang dikehendaki. Beberapa hal yang bisa menyebabkan ini terjadi adalah kesalahan dalam memilih kode warna, merek tinta ataupun kesalahan dalam pencampuran warna (untuk warna turunan), bahkan bisa juga diakibatkan oleh penggunaan tinta yang telah “kadaluarsa” atau telah disimpan dalam waktu lama yang berakibat terjadinya degradasi warna (misal untuk tinta pigmen).

Selain itu, jenis dan warna dasar kain pun bisa mempengaruhi warna hasil cetakan. Dalam beberapa kasus cara melakukan pencetakan juga berpengaruh terhadap warna akhir hasil cetakan. Bahkan, cara mengeringkan cetakan pun bisa berpengaruh terhadap penampilan warna hasil cetakan. Oleh sebab itu, saat membuat sampel, selalu perhatikan dan catat setiap detail langkah yang dilakukan untuk menghasilkan suatu cetakan.

  • Salah Urutan/Penempatan Warna

Masalah ini biasa terjadi jika kita tidak memberikan panduan (catatan) terhadap urutan cetak pada cetakan yang menggunakan banyak warna. Ini bisa membuat perbedaan warna ataupun munculnya warna yang tidak dikehendaki pada hasil cetakan. Oleh sebab itu, penting untuk selalu mencatat setiap detail dalam pembuatan sampel termasuk urutan langkah cetak, dan pastikan langkah tersebut dilaksanakan dalam proses produksi.

  • Luntur atau Warna Berubah 

Luntur yang dimaksud disini adalah hasil cetakan hilang (sebagian atau seluruhnya), warna yang berubah setelah beberapa waktu atau setelah dilakukan washing (pencucian). Hal ini bisa disebabkan karena kualitas tinta yang digunakan jelek, atau kesalahan komposisi antara bahan dasar, pewarna dan pelarut yang digunakan. Bisa juga karena kesalahan dalam proses pengeringan yang tidak tepat (suhu dan lamanya waktu pengeringan). Selain itu, ketidaksesuaian jenis bahan dengan tinta yang digunakan juga bisa jadi penyebabnya.

  • Screen Buntu 

Salah satu masalah yang juga sering dijumpai adalah screen yang buntu atau mampet. Ketika screen mampet, baik pada keseluruhan gambar atau pada sebagian gambar, tentu akan mengganggu kelancaran produksi disamping juga bisa berpengaruh terhadap kualitas hasil cetakan. Sebenarnya mampetnya screen merupakan hal yang wajar. Namun, jika screen mampet terlalu cepat dan sangat mengganggu produksi, tentu ini menjadi masalah.

Screen menjadi sangat mudah mampet (atau mungkin mampet sejak awal) bisa jadi disebabkan karena ketidaksesuaian ukuran mesh screen dengan jenis tinta yang digunakan. Misal, jika menggunakan tinta rubber dan mesh yang digunakan adalah diatas 120, bisa mengakibatkan screen sering mampet atau malah mampet sejak awal. Kesalahan film bisa juga mengakibatkan screen jadi sering mampet. Misalnya film garis yang terlalu tipis atau, jika itu film raster, rasternya terlalu halus untuk ukuran mesh screen dan jenis tinta yang digunakan.

Itulah beberapa masalah yang sering ditemui dalam proses sablon yang wajib Anda ketahui sebelum membuka usaha percetakan sablon. Selain itu peralatan cetak yang Anda gunakan juga mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan. Dapatkan peralatan percetakan sablon termurah dan berkualitas hanya di Eragrafika. Kunjungi eragrafika.com untuk pilih produknya!

Alat Sablon Manual Era Grafika

https://eragrafika.com/product-category/alat-persablonan/