Macam-Macam Sablon Kaos Digital Terbaik yang Harus Anda Ketahui

SABLON DIGITAL TERBAIK

Sablon digital terbaik, selain menawarkan kepraktisan dan kemudahan. Sablon digital juga banyak diminati orang karena menawarkan masa pengerjaan yang lebih singkat. Apalagi untuk sablon kaos, sablon digital dinilai mampu menghasilkan hasil sablon yang lebih cepat dan banyak, sehingga pengerjaan sablon bisa berlangsung dalam waktu yang singkat. 

Ada beberapa jenis sablon digital yang harus Anda ketahui. Semuanya menggunakan alat dan bahan yang berbeda, tentu saja dengan keunggulan masing-masing. Berikut jenis sablon aos digital yang banyak diterapkan di pasaran. 

SABLON DIGITAL TERBAIK

  • Sablon Digital DTG

DTG (Direct to Garment) adalah sebutan untuk jenis sablon digital yang menggunakan mesin print DTG dan merupakan print khusus untuk garment. Sablon DTG menggunakan tinta khusus yang bisa meresap ke dalam kain dan tidak mudah luntur. Kelebihan jenis sablon ini adalah proses cepat, mudah dan praktis, tidak membutuhkan kertas transfer dan mampu mencetak berbagai desain meski yang rumit dan full colour sekalipun. 

Hasil sablon yang meresap ke serat kain dengan tekstur lembut seperti bahan katun itu sendiri. Sayangnya, jenis sablon ini tidak bisa mencetak desain dalam ukuran besar, hasil lebih optimal jika dilakukan pada kaos berwarna terang dan jika digunakan pada kaos yang tidak 100% dari katun, warna hasil sablon tidak sesuai desain (lebih terang atau pudar). 

  • Sablon Polyflex

Untuk jenis sablon satu ini, desain di setting ke komputer yang telah terhubung dengan mesin khusus. Kemudian ada dua pilihan yang bisa dipilih pada sablon polyflex, yaitu cutting atau printing. Kelemahan dari cutting adalah tidak bisa mengerjakan gambar full color atau gradasi warna, sedangkan untuk printing bisa membuat gambar warna, karena proses printing desain dicetak menggunakan tinta. 

  • Sablon Transfer Paper

Jenis sablon satu ini menggunakan kertas khusus sebagai media untuk transfer desain ke permukaan kaos. Desain dicetak menggunakan printer ke transfer paper lalu dipindahkan ke kaos lewat proses pengepresan. Kelebihan dari sablon ini adalah gambar serumit dan sekompleks apapun bisa di sablon ke kain dengan waktu yang cepat, dan bisa dilakukan ke berbagai macam jenis kain seperti katun, polyester, poly cotton, sutera, kanvas, dan lainnya. 

Namun butuh perawatan khusus saat mencucinya, bahkan meski sudah dirawat baik, setelah 10-20x cuci pun gambar masih tetap akan terkelupas. Hal ini terjadi karena sablon tidak meresap pada kain namun menempel pada permukaan kain. 

  • Sablon Sublimasi 

Kelebihan sablon satu ini adalah proses cepat dan hasil lebih cerah pada kaos dengan bahan polyester. Sayangnya, hanya bisa digunakan pada kaos berwarna terang dan mengandung bahan polyester. Tidak bisa mencetak desain dalam ukuran besar, biaya cetak relatif mahal dan sablon tidak meresap pada kain. 

  • Sablon Eco Solvent

Sablon ini menggunakan tinta khusus eco solvent yang digunakan untuk mencetak desain dari wide format printer. Kelebihannya adalah waterproof, hasil sablon cerah, bisa dilakukan di kain apa saja termasuk pakaian olahraga air, dan bisa mencetak desain ukuran besar (lebih dari 1 meter). Sayangnya bila tidak dilaminasi akan mudah terkelupas jika tergores. 

Itulah lima jenis sablon digital terbaik yang ada. Bagi Anda yang ingin mendapatkan alat sablon digital terlengkap bisa mengunjungi halaman eragrafika.com, sebagai salah satu perusahaan yang telah berkembang di dunia persablonan sejak tahun 1970, Eragrafika menyediakan alat sablon digital terbaik dan terlengkap. Semua pembelian di Eragrafika bisa dilakukan via online maupun offline, dan dapat dikirim ke seluruh Indonesia.