Kaos Apa Saja yang Bisa Digunakan Untuk Sablon Baju Manual dan Digital?

SABLON BAJU MANUAL

Bisnis sablon baju manual masih menjadi salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan. Bila Anda adalah salah seorang yang memiliki jenis bisnis ini, maka harus memahami jenis-jenis kaos yang bisa digunakan untuk membuat sablon baju manual. 

Selain alat mesin cetak sablon atau tinta dan cairan lainnya yang digunakan, memilih bahan kaos untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga penting. Karena berbeda jenis kaosnya maka berbeda pula jenis bahan dan alat tunjangan lainnya yang dibutuhkan.

Seperti yang diketahui, dalam teknik sablon baju manual terbagi dalam beberapa jenis. Mulai dari sablon plastisol, rubber, discharge, superwhite, flocking dan lainnya. Begitupun dengan sablon digital, jika berbicara tentang kaos, tidak semua bahan kaos bisa digunakan untuk sablon digital. 

SABLON BAJU MANUAL

Kelebihan Teknik Sablon baju Digital 

Kelebihan menggunakan teknik ini adalah pengerjaan sablon lebih cepat dan murah, bisa sablon multicolor atau desain dengan warna yang variatif, gambar serumit apapun bisa dikerjakan, proses pencetakan lebih praktis dan cepat, bisa untuk semua jenis sablon, dan lainnya. 

Kelebihan Teknik Sablon Baju Manual

Kelebihan teknik sablon ini adalah warna sablon tidak mudah pudar, bisa menggunakan berbagai macam teknik sablon, cocok untuk pengerjaan sablon dengan jumlah banyak, hingga harga lebih murah untuk sablon massal.

Jenis dan Bahan Kaos yang Tepat Untuk Sablon Baju Manual dan Digital

  • Bahan Cotton

Jika Anda memilih bahan kaos jenis cotton, seperti cotton comben, carded, cotton bamboo, cotton modal hingga US Pima, semuanya cocok digunakan untuk sablon manual ataupun sablon digital. Namun jenis sablon sublimation tidak bisa diaplikan ke kain dengan bahan cotton. 

  • Bahan TC & CVC

Untuk kedua bahan dengan komposisi campuran serat Cotton dan Polyester ini biasanya direkomendasikan untuk menggunakan sablon jenis rubber. 

  • Bahan Polo Pique

Untuk jenis kaos satu ini menggunakan sablon jenis rubber meskipun kebanyakan kaos polo menggunakan bordir untuk desainnya, namun sablon baju manual jenis rubber bisa divariasikan dengan tekstur flocking, puffy, atau foaming. 

  • Bahan Polyester

Bahan kaos satu ini biasanya memiliki jenis yang lebih tipis, agak kasar, dan tidak bisa menyerap keringat dibandingkan bahan katun. Bahan satu ini biasanya digunakan dengan sablon sublimasi dan polyflex. Kedua jenis sablon tersebut merupakan teknik sablon digital. Namun bahan polyester juga bisa digunakan menggunakan teknik sablon baju manual seperti sablon rubber dan sablon plastisol . 

  • Bahan Hyget

Jenis kaos ini terbuat dari plastik, karena itu teksturnya sangat tipis dan menjadikannya kurang layak dan kurang nyaman untuk digunakan. Namun pembuatan kaos murah dalam jumlah yang banyak seperti untuk kampanye, biasanya menggunakan bahan hyget ini. Biasanya proses pencetakan kaos berbahan satu ini dilakukan menggunakan teknik sablon digital DTG. 

Itulah beberapa jenis dan bahan kaos yang paling banyak digunakan baik untuk jenis sablon baju manual maupun digital. Anda bisa memilih bahan kaos mana yang ingin digunakan sesuai dengan teknik sablon yang dipilih. 

Jika Anda mencari alat dan bahan untuk percetakan sablon baju manual dan digital, segera kunjungi website eragrafika.com untuk mendapatkan kebutuhan yang Anda cari. Era Grafika telah berkembang di bidang persablonan sejak tahun 1970, menjadikannya tempat percetakan dan toko grosir alat sablon terlengkap. Semua pembelian bisa dilakukan secara online dan offline, termasuk pengiriman bisa dilakukan ke seluruh Indonesia.