Jenis Obat Afdruk Film Sablon Terbaik yang Wajib Dicoba

Jenis Obat Afdruk Film Sablon Terbaik yang Wajib Dicoba

Obat afdruk film sablon adalah salah satu komponen penting dalam proses sablon. Pemilihan obat afdruk film sablon memiliki pengaruh pada warna sablon yang dihasilkan. Obat afdruk film sablon yang terbaik bisa membuat hasil sablon yang lebih maksimal. Namun dimanakah Anda bisa menemukan obat afdruk film sablon tersebut? Tak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan obat afdruk ini di toko alat sablon Medan termurah, Eragrafika. 

Eragrafika menjual alat sablon Medan termurah baik secara online ataupun offline. Anda berada di luar kota dan ingin melihat peralatan sablon tersebut secara langsung? Kunjungi toko offline Eragrafiika, dan bagi Anda yang berada di luar Medan bisa membeli obat afdruk film sablon atau alat sablon lain secara online melalui website Eragrafika, mudah bukan?

Bicara tentang obat afdruk film sablon terbaik, ada 2 jenis yang harus Anda tahu, yaitu:

Alta

Alta menjadi salah satu obat afdruk film sablon yang sangat populer di kalangan pengusaha sablon. Alta memiliki kemasan berwarna orange, dan umum digunakan oleh menyablon pemula hingga profesional. 

Cara penggunaan Alta juga sangat praktis, Anda hanya perlu mendapatkan takaran Alta yang tepat untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Takaran yang tepat antara sensitizer yang ada di dalam Alta sangat cocok untuk menyablon kaos. Poin plus lain yang dimiliki Alta adalah mudah dibersihkan saat selesai menyablon. 

Bremol 

Bremola adalah obat afdruk film sablon yang tergolong baru. Obat ini disebut-sebut sebagai saingan berat Alta dan kerap digunakan oleh tukang sablon professional. Kelebihan Bremol adalah struktur afdruk yang lembut dan halus, sehingga saat film memiliki detail yang kecil dan halus hasilnya akan nampak serupa.

Bremol cukup kuat saat digunakan untuk menyablon dalam jumlah yang banyak dibandingkan dengan Alta. Cara penggunaannya juga tidak jauh berbeda, yaitu dengan mencampurkan afdruk dan sensitizer yang ada di dalamnya. Cukup praktis digunakan baik untuk penyablon pemula ataupun penyablon profesional. 

Nah, setelah mengetahui obat afdruk film sablon terbaik, ada baiknya Anda memahami bagaimana langkah-langkah afdruk sablon yang benar. 

Bersihkan Screen

Pertama, bersihkan screen yang akan di afdruk dengan pembersih khusus screen atau menggunakan sabun cuci piring. 

Campurkan Sensitizer 

Campurkan sensitizer (botol ukuran kecil) dengan emulsi (botol ukuran besar) dengan perbandingan 10 : 1. Aduk hingga rata, diamkan kurang lebih 30 menit. Supaya hasil lebih sempurna, Anda bisa memasukkan ke dalam lemari es namun jangan sampai membeku. Perlu diingat, jangan campurkan kedua bahan tersebut semuanya, hanya aduk kedua bahan secukupnya. Emulsi yang belum dicampur Sensitizer dapat disimpan bertahun-tahun, sedangkan yang sudah dicampur bisa bertahan 3 hari di dalam lemari es. 

Oleskan Emulsi 

Oleskan emulsi pada screen secara merata di bagian luar dan dalam secara perlahan agar seluruh bagian screen tertutup sempurna. Anda bisa menggunakan rakel atau penggaris mika untuk meratakannya.

Mengeringkan Screen 

Keringkan screen yang sudah dilapisi oleh emulsi dengan hair dryer atau kipas angin. Sebelum penyinaran, screen harus benar-benar kering karena sifat obat afdruk peka cahaya. Anda bisa melakukan pengeringan di dalam ruangan tertutup, jangan terpapar cahaya secara langsung. 

Menyinari Screen 

Proses penyinaran ini tidak bisa berlangsung lama, berkisar 4 hingga 7 menit dengan 2 buah lampu neon 20 watt. Bila ingin menggunakan cahaya matahari, hanya butuh waktu 10 – 15 detik. 

Membasahi Screen 

Basahi screen di kedua sisi, kemudian semprot dengan air bersih di sisi luar dan dalam bergantian. Semprot hingga gambar terbuka dengan sempurna. Jika ada kegagalan maka Anda bisa menghapus dengan remover.