Cari Tahu Perbedaan Die Cut & Printable Cutting Sticker

Stiker mempunyai banyak fungsi mulai untuk hiasan, promosi bahkan untuk media belajar anak-anak. Stiker tidak hanya berupa gambar namun juga bisa berisi kata-kata lucu atau kata-kata bijak. Penggunaan stiker lebih umum digunakan pada industri untuk melabeli produk-produk yang mereka jual sehingga terlihat lebih menarik. Dengan demikian, stiker dapat Anda jadikan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Anda bisa mencetak stiker untuk bisnis Anda di toko alat sablon Medan karena memiliki alat printing yang mendukung semua jenis stiker.

Perbedaan Stiker Die Cut & Printable Cutting Stiker

Stiker terdiri dari berbagai macam diantaranya yaitu stiker die cut dan printable cutting sticker. Keduanya memiliki perbedaan seperti bahan pembuatnya serta proses pemotongan stiker. berikut merupakan ulasan mengenai perbedaan die cut sticker & printable cutting sticker.

Stiker Die Cut

Stiker die cut umumnya menggunakan bahan vinyl yang tahan air. Bahan ini bagus karena kuat sehingga stiker tidak mudah rusak atau robek. Stiker yang menggunakan bahan vinyl ini biasanya terdapat pada stiker yang ditempel di kaca mobil, helm, jendela atau pintu.

Ciri khas dari stiker die cut yaitu memiliki tiga lapisan. Lapisan paling atas merupakan lapisan pelindung, lapisan kedua yaitu lapisan vinyl atau gambar dari stiker tersebut dan lapisan terakhir yaitu backing paper. Ciri lain dari stiker ini yaitu pada potongannya yang mengikuti pola gambar.

Pemotongan ini menggunakan mesin khusus sehingga hasilnya pun presisi. 

Kelebihan stiker ini yaitu mempunyai tampilan yang lebih elegan. Selain itu, potongan yang dihasilkan juga rapi. Cara menempelkannya juga sangat mudah karena hanya perlu melepaskan backing paper kemudian diletakkan ditempat yang diinginkan. Agar gambar melekat sempurna maka gosok bagian permukaan lalu tarik lapisan pelindungnya.

Printable Cutting Stiker

Hal yang sama dari printable cutting sticker dengan die cut yaitu potongan yang dihasilkan. Untuk menggunakan stiker ini Anda tidak perlu memotongnya untuk merapikan pola stiker tersebut. Anda dapat langsung dapat menempelkannya dengan membuka lapisan backing paper.

Mesin yang digunakan untuk pembuatan stiker ini yaitu jenis mesin eco solvent yang ramah lingkungan. Bahkan, mesin ini juga dapat digunakan untuk sablon kaos. Kertas yang digunakan yaitu sama-sama kertas vinyl namun terdiri dari dua lapisan. Gambar stiker berada pada lapisan atas dan pada lapisan bawah adalah backing paper.

Stiker jenis printable cutting ini dapat digunakan diberbagai macam media seperti dinding, kayu atau kaca. Cara menempelkannya yang mudah juga dapat digunakan untuk stiker mainan anak-anak. Misalnya anak-anak dapat menempelkan stiker pada pola yang sudah disediakan.

Stiker yang di print menggunakan mesin eco solvent memiliki banyak kelebihan. Harganya lebih terjangkau karena mesin tersebut dapat menghemat penggunaan tinta. Proses pencetakan tidak memerlukan waktu lama. Kualitas hasil printing sangat bagus dan sangat detail. 

Anda dapat memanfaat stiker menjadi usaha sampingan yang mendatangkan keuntungan lumayan. Banyak sektor industri yang menggunakan stiker agar produk-produk yang mereka jual terlihat lebih menarik. Para pengusaha online juga banyak yang menggunakan stiker sebagai logo toko mereka yang ditempelkan pada produk yang mereka jual. Selain itu, stiker juga dapat berupa nomor layanan konsumen atau ucapan terima kasih.

Percetakan Eragrafika melayani berbagai macam keperluan percetakan mulai dari stiker, sablon kaos, undangan, ID card, souvenir dan lain-lain. Percetakan ini cocok untuk Anda pilih untuk memulai usaha baru Anda karena pelayanannya yang lengkap serta menawarkan harga yang cukup murah. Menariknya lagi, percetakan ini juga membuka layanan online.