Begini Cara Cetak, Alat, Teknik, dan Bahan Sablon Digital

BAHAN SABLON DIGITAL

Secara umum, ada dua jenis sablon yang ada di pasaran, yaitu sablon manual dan sablon digital. Akan tetapi popularitas sablon digital meningkat beberapa tahun belakangan ini. Sablon digital banyak diminati karena proses cetaknya terbilang cepat. Bahan sablon digital juga mudah dicari baik secara offline maupun online. 

Alat dan Bahan Sablon Digital 

Alat dan bahan sablon digital sangat beragam, tergantung dari hasil sablon yang diinginkan. Jenis printer yang sering digunakan untuk menyablon kaos adalah printer DTG, kemudian komputer atau laptop yang bisa digunakan untuk desain, tak lupa tinta, catridge dan cairan head cleaner. Tinta dan cartridge sendiri dibutuhkan untuk mencetak pola dan warna melalui mesin print. Sedangkan cairan head cleaner berguna untuk mengatasi masalah print head yang buntu atau mampet. 

BAHAN SABLON DIGITAL

BAHAN SABLON DIGITAL

Sebelum kaos diletakkan pada printer DTG, Anda bisa menggunakan kompresor untuk menyemprotkan epoxy agar hasil sablon menempel dengan kuat dan tahan lama karena pori-pori kaos dirapatkan dan tinta sablon bisa merekat dengan baik dan tidak mudah lepas. 

Selanjutnya Anda harus memiliki mesin press kaos, alat ini berguna untuk menekan kaos yang bisa menyebarkan suhu panas dalam area kaos sehingga tinta sablon akan lebih cepat mengering dan menempel dengan sempurna. Bahan sablon digital lainnya yang Anda butuhkan adalah kertas teflon sebagai lapisan area kaos yang akan disablon sehingga bisa melindungi bagian sablon agar tidak terkena panas langsung dari mesin press. 

Cara Cetak Sablon Digital 

Setelah Anda memiliki semua alat dan bahan sablon digital di atas, maka Anda sudah bisa mulai mencetak sablon secara digital. Umumnya proses cetak kaos sablon digital menggunakan printer DTG mampu digunakan pada kaos warna apa saja. Ikuti langkah berikut ini untuk mencetak sablon. 

  1. Instal software yang sesuai dengan printer DTG, nyalakan printer DTG dan tunggu hingga printer siap. 
  2. Siapkan tampilan desain yang sudah siap ke dalam komputer atau laptop. Kemudian semprot kaos polos dengan kompresor pada area yang akan disablon
  3. Letakkan kaos pada printer DTG, lakukan pengaturan dan mulai mencetak gambar melalui printer DTG. Tunggu hingga hasil selesai.
  4. Setelah selesai, ambil kaos dan semprot dengan epoxy menggunakan kompresor. 
  5. Panaskan menggunakan alat hot gun reigun agar membantu proses pengeringan sablon sebelum meletakkannya pada mesin press. 
  6. Pastikan mesin press telah siap dengan tingkat panas yang cukup. Kemudian letakkan kaos pada mesin press dan jangan lupa lapisi dengan kertas teflon terlebih dahulu. 
  7. Setelah proses press kaos selesai, letakkan dan diamkan kaos untuk memastikan sablon telah benar-benar terserap. 

Perlu diperhatikan, dalam beberapa jenis mesin yang digunakan tidak memerlukan proses penyemprotan dengan kompresor dahulu sebelum di cetak, semua hal tersebut tergantung dengan mesin yang Anda gunakan. Selain itu langkah di atas hanya berlaku untuk penyablonan pada kaos warna putih atau cerah saja. 

Jika Anda ingin membuka usaha sablon digital sendiri, Anda bisa membeli alat dan bahan sablon digital dengan harga yang terjangkau dan bisa di kirim ke seluruh Indonesia melalui Era Grafika. Tunggu apalagi? Segera kunjungi website eragrafika.com untuk memilih alat dan bahan sablon digital yang Anda butuhkan.