Bahan Sablon Mug dan Bagaimana Cara Membuat Mug Sublim

Dalam pengembangan bisnis percetakan (printing) atau untuk toko souvenir, salah satu usaha yang cukup menjanjikan adalah cetak mug digital printing. Mug atau cangkir keramik/porselin yang biasa dipakai untuk minum kopi, teh, atau pun minuman lainnya, dapat dihias atau disablon dengan gambar ataupun tulisan sesuai dengan selera sekaligus digunakan untuk kebutuhan branding. Tertarik untuk memulai bisnis cetak mug? Semua bahan sablon Medan untuk mug bisa Anda temukan di Eragrafika. 

Kelebihan Usaha Cetak Mug 

Selain itu, banyak perusahaan yang ternyata melirik mug hias sebagai salah satu souvenir dengan cetakan logo perusahaan untuk diberikan kepada para mitra bisnisnya, karena selain sebagai sarana menjalin persahabatan antar sesama pengusaha, ini juga merupakan salah satu bentuk promosi gratis dalam perluasan usaha mereka. Hal inilah yang membuat membuka usaha cetak mug adalah pilihan yang tepat. 

Namun, sebelum membuka usaha cetak mug sendiri, Anda harus mengetahui bagaimana proses pembuatan mug sablon dengan teknik sublimasi dan bahan apa saja yang perlu dipersiapkan. Simak penjelasannya berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  1. Gambar atau desain yang ingin dicetak ke permukaan mug
  2. Printer, gunakan printer yang menggunakan tinta sublim
  3. Kertas sublim
  4. Mesin heat press mug
  5. Lakban anti panas atau sticker vinyl

Proses pembuatan mug sublim 

Proses pembuatan mug printing dengan teknik sublimasi boleh dibilang sangat gampang dan cepat. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan mug yang akan disablon (biasanya terbuat dari keramik) dan sudah di coating. Apa itu coating? Coating mug merupakan proses memberikan cairan coating pada permukaan mug yang bisa dilakukan dengan cara pencelupan atau penyemprotan dengan bantuan kompresor. Fungsi cairan coating dalam proses pembuatan mug​ adalah untuk melapisi permukaan mug. 

Cairan coating yang menempel pada mug dapat memudahkan proses transfer gambar pada mug.Jika dilakukan sendiri, proses coating memerlukan waktu yang agak lama, sehingga praktisnya adalah membeli mug yang sudah dicoating (harga sekitar Rp 15.000/mug tergantung ukuran dan kualitasnya). 

Selanjutnya, siapkan gambar atau tulisan yang ingin dicetak di permukaan mug. Setelah itu cetak gambar pada coated paper dengan menggunakan tinta sublim, sebelumnya pastikan Anda mengganti cartridge printer Anda. Setelah tercetak, potong kertas tersebut sesuai ukuran mug, lalu tempelkan. 

Masukkan mug yang telah ditempeli gambar dalam mesin heat press mug. Proses ini disebut dengan istilah molding. Jika Anda belum memiliki mesin heat press mug atau bahan sablon Medan lainnya Anda bisa membelinya secara online atau offline di Eragrafika.

Selain mug, benda-benda lain yang permukaanya juga bisa dihiasi dengan cetak digital menggunakan mesin heat press adalah botol termos, sport bottle, dan sebagainya (asalkan bentuknya silinder dan tahan panas). 

Jika Anda tertarik untuk membuka usaha sablon mug sendiri dan belum memiliki beberapa alat untuk sablon mug, Anda tidak perlu khawatir. Bagi Anda yang berdomisili di Medan, Eragrafika menyediakan berbagai bahan sablon Medan terlengkap dan pastinya berkualitas. Sedangkan bagi Anda yang berada di luar Medan, Anda bisa memesannya secara online dengan mengunjungi eragrafika.com.