7 Perlengkapan Wajib yang Harus Dimiliki untuk Usaha Cetak Mug

cetak mug medan

Minat pada mug custom dari dulu hingga saat ini terus bertambah, mengingat mug custom sangat cocok untuk dijadikan sebagai sebuah souvenir pernikahan, hajatan hingga untuk hadiah kepada teman atau keluarga. Bentuknya sederhana tapi sangat bermanfaat dalam penggunaan di kehidupan sehari-hari. Karenanya, usaha cetak mug semakin berkembang hingga saat ini, sama seperti usaha cetak mug Medan terbaik, Eragrafika. 

Untuk Anda yang berkeinginan membuka usaha cetak mug, ada 7 perlengkapan wajib yang harus Anda siapkan. Simak daftarnya berikut ini!

  • Laptop / PC

Merupakan hal wajib yang harus Anda miliki karena digunakan untuk mendesain, edit hingga mentransfer gambar pada permukaan mug. Software yang biasa digunakan utuk desain mug adalah corelDRAW atau Adobe Photoshop. 

  • Printer 

Untuk mencetak mug custom, Anda membutuhkan printer dan tinta khusus yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau jenis mugnya. 

  • Tinta Sublimasi CMYK

Untuk mencetak mug membutuhkan tinta sublimasi. Tinta ini adalah tinta pigmented yang memiliki kemampuan untuk transfer warna. Pilihlah tinta warna sublime (CMYK) untuk mendapatkan hasil sablon yang lebih terang. Karena tinta jenis ini cocok digunakan untuk mencetak mug, pin, keramik, piring, gantungan kunci. Kaos polyester atau TC khusus warna putih dan lainnya. Selain itu harganya juga lebih ekonomis dan praktis, lebih tahan terhadap air dan degradasi warna yang lebih kuat. 

  • Transfer Paper Sublime 

RSP (Reicat Sublime Paper) atau kertas khusus untuk transfer paper sublime. Kertas ini cocok digunakan untuk keperluan sablon mug custom atau cetak souvenir lainnya seperti gantungan kunci, PIN dan masih banyak lagi. 

  • Mesin Press
cetak mug medan

cetak mug medan

Item terpenting selanjutnya adalah mesin press MUG. Anda harus memiliki mesin ini untuk membuat custom mug. Proses per-transferan hasil gambar ke mug menggunakan mesin press ini. Jika Anda tidak memiliki mesin ini, belanja alat sablon online di Eragrafika bisa jadi pilihan praktis. 

  • Mug Coating

Untuk membuat mug custom, disarankan untuk menggunakan mug berbahan khusus yaitu mug coating. Karena jenis mug satu ini memudahkan proses transfer desain pada permukaan mug dengan optimal. Hasil yang diberikan juga menjadi maksimal, mengkilap dan tidak keruh. 

  • Selotip Kertas 

Selotip satu ini diperlukan sebelum mug diletakkan pada moulding mesin press. Hal ini untuk merekatkan dan menempelkan kertas yang berisi hasil print design pada permukaan mug. Rekatkan RSP tadi dengan selotip agar kertas sublim tidak bergeser atau terlepas saat proses press mug berlangsung.

cetak mug medan

cetak mug medan

  • Inject paper 

Ini adalah jenis kertas yang biasanya digunakan untuk keperluan grafis, mulai dari cetak sketsa gambar, proof arsitektur, grafik bar, dan sebagiannya. Kualitasnya bagus dari jenis kertas HVS karena serapan pada tintanya lebih bagus dan cepat kering. Anda bisa temukan jenis kertas ini online di Eragrafika. 

Jadi itulah kedelapan perlengkapan yang wajib ada jika Anda ingin membuka usaha cetak mug custom. Jika Anda tidak memiliki beberapa alat yang disebutkan di atas, Anda tidak perlu khawatir. Karena saat ini ada Eragrafika, toko alat perlengkapan cetak mug Medan terlengkap. Anda bisa membeli mesin press, RSP dan mug secara online atau offline di Eragrafika. Kunjungi eragrafika.com untuk informasi selengkapnya.