7 Macam dan Jenis Stiker yang Ada di Pasaran

7 Macam dan Jenis Stiker yang Ada di Pasaran

Bingung cetak Stiker A3+ lengkap di Medan dimana? Era Grafika tempatnya! Era Grafika tidak hanya melayani cetak stiker A3+ tapi juga menyediakan peralatan & perlengkapan sablon manual, sablon digital, stempel, stiker, dan produk percetakan lainnya. Selain itu, ada banyak jenis serta ukuran stiker yaitu A3+, F4 (Folio), maupun ukuran Plano yang bisa anda pilih.

Stiker A3+ biasa digunakan sebagai hiasan atau dapat juga dijadikan sebagai media promosi. Sifatnya yang fleksibel dan bisa ditempel di berbagai jenis benda membuatnya mudah dilihat banyak orang. Umumnya, stiker digunakan para pelaku usaha, organisasi, maupun individu. Sebelum membuat atau memesan stiker, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang jenis-jenis stiker yang ada di pasaran agar tidak keliru. Nah, Informasi berikut akan membantu Anda untuk memahami berbagai macam jenis stiker.

  • Stiker HVS

Jenis stiker yang umum digunakan oleh banyak orang adalah stiker HVS. Sesuai dengan namanya, stiker ini terbuat dari bahan kertas HVS yang dilapisi adhesive pada bagian belakangnya sehingga bisa ditempelkan. Stiker ini rentan luntur jika terkena air dan mudah memudar jika digunakan dalam jangka waktu lama karena bahannya yang terbuat dari HVS. Namun karena biaya produksinya sangat murah, sehingga stiker ini sering digunakan untuk stiker label yang ditempel pada buku tulis, undangan, souvenir, kemasan dan lain sebagainya.

  • Stiker Vinyl

Sesuai dengan namanya, stiker vinyl terbuat dari bahan vinyl yang tahan terhadap air dan memiliki kelenturan yang baik dibandingkan kertas HVS. Oleh karena itu stiker ini sering digunakan untuk stiker yang ditempel pada kaca mobil, banner, poster dan beragam kebutuhan di luar ruangan lainnya. Selain tidak mudah luntur, kelebihan stiker vinyl adalah mudah dibersihkan dan dapat digunakan dalam jangka panjang serta cocok untuk penggunaan di luar ruangan.

  • Stiker Chromo

Stiker Chromo terbuat dari bahan kertas yang mampu menempel sangat kuat pada suatu permukaan sehingga sulit untuk dikelupas dan akan meninggalkan bekas setelahnya. Stiker ini cukup banyak digunakan, terutama oleh perusahaan untuk mencetak logo usaha atau merek karena biaya produksinya yang murah dan daya rekatnya yang kuat.

  • Stiker Bontax

Stiker Bontax merupakan sejenis stiker kertas HVS namun memiliki daya rekat yang lebih baik dan awet sehingga sering digunakan untuk label industri, kemasan, dan lain sebagainya. Biasanya stiker ini akan dilapisi dengan laminasi glossy atau doff pada permukaannya.

  • Sticker Foil

Anda pasti pernah melihat stiker yang berkilau, berwarna emas atau perak. Stiker tersebut disebut sticker foil. Stiker foil terbuat dari bahan polyflex sehingga dapat memberikan kesan berkilau seperti logam. Stiker ini bisa dijadikan salah satu alternatif teknik sablon kaos yang unik dan tahan lama.

  • Sticker Yupo

Stiker yang terbuat dari bahan plastik sintetik disebut dengan stiker yupo. Kelebihan dari stiker ini adalah keawetan dan ketahanannya sangat baik, sehingga sering digunakan sebagai stiker pengumuman, stiker yang ditempel di area-area umum, stiker label untuk informasi, dan masih banyak lagi.

  • Sticker Scotchlite

Stiker scotchlite merupakan jenis stiker yang dapat memantulkan cahaya warna permukaannya, terutama jika terkena cahaya matahari ataupun lampu, sehingga dapat terlihat dengan jelas meskipun dalam gelap. Stiker ini banyak digunakan pada kendaraan-kendaraan pelayan publik seperti mobil polisi, ambulance, damkar, dan lain sebagainya, atau pada baju seragam teknisi penggalian jalan, tambang, marka jalan, dan lain sebagainya.

Sudah tau jenis stiker apa yang akan anda gunakan nantinya? Jika sudah, anda bisa langsung pesan secara offline atau online di Era Grafika. Di sini, Anda bisa menentukan sendiri kebutuhan kertas untuk stiker A3+ lengkap, sesuai kebutuhan. Selain itu, Era Grafika juga menyediakan berbagai kebutuhan perlengkapan sablon maupun perlengkapan percetakan yang termurah dan berkualitas. Cetak stiker A3+ lengkap berkualitas dan murah di Era Grafika aja!