7 Jenis Tinta Sablon yang Harus Anda Tahu

7 Jenis Tinta Sablon yang Harus Anda Tahu

Dalam membuat kaos, sablon merupakan salah satu teknik yang paling sering dipilih. Proses sablon membutuhkan tinta untuk mencetak gambar pada kain kaos itu sendiri. Tinta sablon ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai toko printing offline, atau untuk lebih praktisnya Anda bisa beli online di toko alat sablon Medan – Era Grafika. 

Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan untuk mengetahui lebih dulu 7 jenis tinta sablon yang umumnya banyak digunakan dalam bisnis sablon. 

  • Sablon Glitter

toko alat sablon Medan

Sama seperti namanya, sablon tipe ini memberikan efek glitter. Ada banyak warna yang bisa dipilih pada tinta ini, mulai dari emas, silver, merah dan biru. Jenisnya juga beragam, ada yang lembut dan kasar, tinggal disesuaikan sesuai kebutuhan Anda. 

  • Sablon Superwhite

Tinta yang digunakan pada sablon ini biasanya akan menyerap ke bahan kain sehingga sablonnya tidak terlalu tebal dan terasa sangat halus saat disentuh. Juga memiliki tampilan vintage dan klasik. Selain itu tinta superwhite bisa digunakan pada kain gelap maupun terang. 

Pada kain gelap hasilnya tidak akan menutupi permukaan kain seperti tinta pada sablon rubber. Tinta ini juga bagus saat digunakan untuk background pada desain atau pada desain yang besar. Namun tidak elastis sehingga hasilnya seperti pecah meskipun aslinya tidak pecah. 

  • Sablon Extender

Tinta yang digunakan hampir sama dengan tinta superwhite, yakni bisa menyerap tinta hanya saja bisa diaplikasikan pada kain berwarna terang saja. Hasil warnanya lebih tegas dan tajam dibanding tinta superwhite dan hasilnya aman untuk disetrika karena tintanya menyerap seperti batik. 

  • Sablon Rubber

toko alat sablon Medan

Tinta untuk sablon satu ini dikenal dengan ciri khas menutupi pori kain, ada yang hasilnya lengket ada yang tidak. Jenis tinta ini memiliki tekstur yang halus dan elastis ketidak diraba. Dikenal dengan nama sablon karet, jenis tinta satu ini sangat cocok digunakan pada kaos stretch. Beli tinta sablon rubber di toko alat sablon Medan, Era Grafika. 

  • Sablon Discharge

Disebut juga dengan sablon cabut warna, merupakan sesuatu yang diaplikasikan pada kaos biasanya dengan membuang warna asli dan diganti dengan warna baru sesuai dengan desain yang diinginkan. Bahan dasar tinta ini adalah air sehingga tidak akan merusak serat kain saat menyablon. Sering digunakan pada kain katun 100% dan berwarna gelap. 

  • Sablon Crack

Sablon satu ini merupakan tipe sablon dengan tinta yang memiliki efek retak-retak seperti tanah kering. Efek retak ini bukan karena rusak, namun efek dari tinta ini yang ingin ditampilkan untuk hasil keren pada desain grafis lainnya. ‘

  • Sablon Plastisol

Sablon plastisol merupakan salah satu jenis sablon favoritnya. Hasil yang diberikan akan terlihat kasar pada permukaan. Sablon plastisol dibagi menjadi beberapa macam. Ada tiga macam pilihan. 

  • Plastisol Natural Suede, ini menghasilkan efek sablon yang mirip suede. Jika di sablon pada kain tidak terlihat seperti di sablon namun terlihat seperti kain yang ditempelkan. 
  • Plastisol HD / Cetak Tebal, sablon dengan tinta ini cocok digunakan pada desain yang kecil, namun harganya cukup mahal karena itu agak pricey jika digunakan pada desain yang tebal. 
  • Plastisol Rock Base, sablon ini mampu memberikan efek seperti batu alam yang teksturnya keras dan kasar. 
  • Plastisol Plush Base, jenis tinta yang digunakan sama dengan suede. Memberikan tekstur yang lembut seperti velvet, suede atau tekstur kain. Hasilnya juga mirip dengan sablon beludru. 

Beli bahan dan alat untuk sablon berkualitas dengan harga ekonomis hanya di toko alat sablon Medan, Era Grafika!