7 Jenis Kertas yang Sering Digunakan untuk Percetakan

Usaha percetakan kertas juga bisa sangat menguntungkan jika digabungkan ke dalam bisnis percetakan sablon termurah Anda. Karena minat untuk jenis percetakan tersebut tergolong high demand yang artinya banyak dicari. Selain mendapatkan untung dari usaha sablon Anda, untung juga bisa didapatkan dari penjualan percetakan kertas tersebut. 

Supaya tidak salah membeli dan menanggung rugi, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu jenis-jenis kertas yang sering digunakan di dunia percetakan. Berikut ini adalah beberapa jenis kertas yang paling sering digunakan baik untuk membuat poster, buku, majalah, banner dan lainnya. Simak selengkapnya. 

  • Art Paper

Jenis kertas satu ini paling sering dicari untuk membuat brosur, tiket, majalah, poster, cv dan lainnya. Ada banyak pilihan tingkat atau gramatur dari kertas ini, mulai dari 85gr, 100gr, 115gr, 120gr, hingga 310gr. 

  • Art Carton

Memiliki bentuk dan jenis permukaan yang sama persis dengan art paper, yaitu licin dan halus. Namun, jenis kertas satu ini biasa digunakan untuk cover buku karena harganya yang cukup ekonomis dengan kertas yang tebal. Sehingga cocok untuk dijadikan sebagai kertas catalog. Ada banyak ukuran yang tersedia. Mulai dari 190gr – 400gr. 

  • Ivory 

Hampir mirip dengan art carton, baik dalam segi ketebalan maupun kehalusan pembukaannya. Sayangnya permukaan halus pada Ivory hanya terletak pada satu sisi saja. Sedangkan sisi lainnya tanpa coating. Cocok bagi klien yang ingin membuat paper bag atau dus kosmetik. Gramaturnya tersedia mulai dari 210gr – 400gr. 

  • Linen Jepang 

Memiliki tekstur unik dan sering digunakan untuk mencetak sertifikat, undangan, hingga kartu nama. Sayangnya kekurangan dari kertas ini adalah tidak bisa dilaminasi. Untuk gramatur kertas ini adalah 230 gsm sehingga cukup tebal jika digunakan. 

  • HVS

Kertas satu ini memang menjadi kertas umum yang paling banyak digunakan untuk percetakan. Karena merupakan jenis kertas populer untuk mencetak isi buku atau fotocopy. Gramatur dari kertas ini bisa dipilih mulai dari 60gr hingga 100gr. 

  • Mohawk Eggshell

Kertas satu ini memiliki warna putih gading dengan beberapa pilihan gramatur kertas, mulai dari 148 gsm – 270 gsm. Permukaanya sedikit kasar namun itulah daya tariknya biasa digunakan untuk membuat booklet, company profile, photobook, sertifikat, map perusahaan dan lainnya. 

  • Fancy Paper 

Kertas yang memiliki banyak ragam, mulai dari karakteristik, jenis, hinga warnanya. Karena itu tak heran jika kertas ini sering digunakan untuk membuat undangan pernikahan. Ada banyak jenis kertas fancy paper yang bisa dipilih. Mulai dari jasmine, hawai, java emboss, millenium dan lainnya. Gramatur yang tersedia juga cukup banyak mulai dari 80gr hingga 300gr. 

Itulah 7 kertas yang biasanya digunakan dalam dunia percetakan. Sebagai toko percetakan sablon termurah, selain kertas, Eragrafika juga menyediakan Mesin Laminating Roll A3 FM3510 dengan harga terjangkau. 

Mesin laminating bisa digunakan untuk para customer yang ingin hasil cetaknya dicetak dalam bentuk yang telah dilaminasi. Selain mesin laminating tersebut, ada banyak barang, bahan dan alat yang dijual oleh percetakan sablon termurah, Eragrafika. Segera kunjungi web eragrafika.com untuk melihat katalog lainnya!