4 Rekomendasi Jenis Stempel Terbaik 

Stempel menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki, mengingat kegunaannya sebagai tanda keabsahan perjanjian, pengesahan surat resmi, atau sebagai legalitas dokumen. Seiring dengan perkembangan zaman, jenis stempel pun kian bertambah. Bahkan, fungsi dan fitur-fitur stempel pun semakin beragam.

Secara umum, stempel merupakan alat yang permukaannya diukir berupa tulisan atau gambar yang biasanya terbuat dari bantalan karet yang diberi tinta untuk menghasilkan cap pada berkas atau dokumen. Nah, bagi Anda yang bingung untuk memilih jenis stempel apa yang ingin digunakan dan mencari tempat cetak stempel murah, artikel ini akan membantu Anda.

Seperti yang diketahui, saat ini sudah ada banyak jenis stempel, agar Anda dapat memilih produk yang tepat, simak tipsnya berikut ini!

  • Pilih Jenis Stempel yang Anda Butuhkan

Umumnya, ada empat jenis stempel yang populer di pasaran, antara lain:

  • Stempel lilin

Stempel lilin atau disebut juga wax stamp merupakan jenis stempel yang digunakan untuk menyegel surat-surat penting. Hal ini bertujuan untuk memastikan isi surat hanya dibaca oleh si penerima. Namun, dewasa ini penggunaan wax stamp lebih banyak digunakan sebagai pemanis untuk menyegel undangan pernikahan. 

Adapun cara menggunakan stempel lilin, yaitu pertama, cairkan lilin atau wax, kemudian tuangkan lilin sedikit pada amplop atau bagian yang hendak disegel. Selanjutnya, sebelum lilin membeku, segera tempelkan atau tekan lak stempel di atasnya.

  • Stempel emboss

Stempel emboss merupakan salah satu jenis stempel yang unik, karena stempel yang satu ini akan menjadi timbul saat dibubuhkan di atas kertas. Selain itu, stempel ini juga bisa dibilang yang paling praktis, karena tidak memerlukan tinta atau lilin. Umumnya stempel emboss digunakan untuk mengesahkan dokumen-dokumen penting, seperti ijazah atau sertifikat.

  • Stempel runaflex

Stempel runaflex merupakan jenis stempel dengan gagang kayu dan bantalan karet yang harus ditempelkan dahulu pada bantalan tinta. Baru kemudian, Anda bisa membubuhkan stempel di atas kertas.

  • Stempel flash

Stempel flash merupakan jenis stempel yang paling umum digunakan di perusahaan. Hal ini karena cara penggunaan stempel yang mudah dan praktis. Stempel ini tidak memerlukan bantalan tinta, tinta sudah ada pada bagian karetnya. Anda hanya perlu menekan stempel ini di atas kertas untuk membubuhkannya. Jika tintanya habis, Anda bisa mengisi ulang tintanya. Itulah mengapa jenis stempel ini merupakan yang paling banyak diminati.

  • Tentukan bentuk, desain, dan ukuran stempel

Setelah memilih jenis stempel yang Anda butuhkan, Anda juga harus menentukan bentuk dan ukuran stempel. Bentuk stempel ada bermacam-macam, seperti bentuk lingkaran, persegi panjang, kotak, dan oval. Selain itu, dalam menentukan ukuran yang tepat, perhatikanlah tujuan penggunaan stempel dan desain stempel sendiri. Hal ini bertujuan agar stempel terlihat proporsional dan dapat terlihat jelas saat dibubuhkan. 

  • Perhatikan warna tinta stempel

Ada berbagai varian warna tinta stempel, seperti hitam, biru, merah, dan hijau. Warna tinta biasanya disesuaikan dengan preferensi dan desain logo yang ingin Anda cetak. Ada juga beberapa stempel yang umumnya memiliki warna khasnya tersendiri. Hal tersebut umum ditemui pada stempel logo perusahaan. Wara stempel juga bisa menunjukkan urgency pesan dari dokumen yang akan disampaikan.

Nah, sudah menentukan ingin memilih jenis stempel apa yang ingin Anda gunakan? Apabila Anda mencari tempat cetak stempel murah dan toko peralatan cetak stempel lengkap di Medan, maka Eragrafika adalah pilihan yang tepat. Tidak hanya menyediakan layanan cetak stempel murah, Eragrafika juga menjual berbagai peralatan untuk cetak stempel dan sablon secara online maupun offline. Tunggu apalagi? Kunjungi website Eragrafika dan pesan sekarang!