4 Metode Sablon Kaos Terpopuler

Metode Sablon Kaos

Saat ini, bisnis kaos sablon atau kaos custom sudah cukup populer dan banyak dimana-mana. Hal ini dikarenakan tingginya jumlah permintaan kaos custom yang mendorong para pelaku bisnis berlomba untuk meningkatkan kualitas usaha custom kaos mereka. Dalam pembuatan kaos sablon ada 2 metode sablon kaos yang bisa digunakan, yaitu metode sablon manual dan metode sablon digital.

Bagi anda yang tertarik terjun di dunia sablon, maka diperlukan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Tak perlu bingung mencari perlengkapan sablon, kunjungi saja 4 Metode Sablon Kaos TerpopulerEra Grafika, toko alat sablon Medan terbesar dan terlengkap. Era Grafika menjual berbagai kebutuhan sablon manual maupun digital yang anda butuhkan. Berbicara tentang sablon digital, ada beberapa metode sablon kaos digital yang biasanya dipakai oleh para pelaku bisnis custom kaos, antara lain:

  • Metode Transfer Paper

Sesuai dengan namanya, metode transfer paper adalah metode sablon dengan cara mencetak gambar atau tulisan pada kertas khusus. Kemudian gambar di kertas akan dipindahkan ke kaos dengan menggunakan alat khusus, yaitu mesin hot press. Mesin ini berfungsi untuk mentransfer tinta ke kaos dan membantu mengeringkan hasil cetakan sablon. 

Ada dua macam cara yang digunakan dalam transfer paper, yaitu transfer paper standar untuk kaos sablon berwarna putih dan transfer paper dark untuk kaos dengan warna gelap, seperti biru dongker, hitam, coklat, dan lain-lain.

  • Metode Cutting

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk melakukan sablon kaos dengan metode cutting, yaitu mesin cutting, bahan polyflex, mesin press, kaos, serta weeding tool. Sebelum melakukan sablon, anda perlu untuk mencetak desain pada bahan polyflex. Selanjutnya potong desain sesuai kebutuhan. Kemudian gunakan mesin press untuk mentransfer tinta ke kaos menggunakan wedding tool untuk membantu proses peeling. Metode cutting biasanya digunakan untuk mendapatkan hasil gambar sablon yang timbul.

  • Metode DTG

Metode sablon Direct to Garment atau biasa disingkat DTG adalah salah satu metode sablon kaos yang populer di dunia industri kaos custom. Peralatan yang dibutuhkan untuk metode ini, antara lain komputer, mesin DTG, dan mesin hot press. Kelebihan dari penggunaan metode ini adalah hasil sablon yang terlihat mengkilap setelah di press, hasil sablon lebih awet, dan warna yang disajikan lebih bervariasi. Metode DTG sangat cocok untuk produksi kaos dalam jumlah yang besar karena bisa lebih efektif dengan mencetak desain gambar langsung ke atas bahan kaos dengan mesin DTG.

  • Metode DTF

Metode yang sangat populer saat ini adalah metode sablon DTF atau Direct Transfer Film. Dengan menggunakan metode DTF, anda bisa melakukan sablon full print color maupun white. Caranya adalah dengan mencetak gambar pada kertas film, kemudian dilumuri dengan powder adhesive, dikeringkan dengan hotgun, selanjutnya tempel ke permukaan kaos dengan cara di press. Kelebihan teknik ini adalah warna yang dikeluarkan solid dan dapat digunakan pada berbagai bahan, seperti cotton, polyester, TC, Scuba, dan bahan berserat lain.

Itulah beberapa metode sablon kaos digital terpopuler yang sering digunakan di kalangan pelaku bisnis kaos custom. Tertarik untuk segera memulai bisnis sablon kaos anda sendiri? Jangan lupa mampir ke Era Grafika Medan untuk membeli peralatan sablon kaos digital yang anda butuhkan. Tersedia berbagai paket bahan sablon digital sesuai dengan metode sablon kaos yang ingin anda gunakan. Era Grafika merupakan penyedia alat sablon Medan yang terlengkap dan terpercaya. Tunggu apalagi? Kunjungi offline dan online store-nya sekarang juga!