10 Alat Sablon Manual yang Wajib Dimiliki Pengusaha Sablon

ALAT SABLON MEDAN

Memulai bisnis sablon memang menjanjikan, namun tentu saja jika dikelola dengan baik. Bagi Anda yang ingin memulai usaha sablon dengan budget atau modal kecil, Anda bisa memilih usaha sablon manual. Sablon manual hingga kini masih menjadi bisnis yang menjanjikan, apalagi harga alat sablon manual tergolong affordable dibanding sablon digital. Anda bisa dengan mudah menemukan alat sablon manual di toko alat sablon Medan, Eragrafika. 

Sebelum memutuskan untuk membeli alat sablon, ada baiknya Anda mengerti lebih dulu alat sablon apa saja yang dibutuhkan untuk usaha sablon manual. Berikut 10 alat sablon manual yang wajib dimiliki pengusaha sablon di bawah ini. 

  • Screen Sablon 

ALAT SABLON MEDAN

Alat satu ini wajib ada karena menjadi inti utama dari screen sablon. Terbuat dari bahan yang elastis dan memiliki pori-pori di bagian permukaannya. Ini digunakan untuk menyerap cairan sablon agar menempel pada permukaan kertas atau kaos. Ada banyak ukuran screen sablon yang ada di pasaran, mulai dari 30 x 40 cm hingga ukuran terbesar tergantung jenis permukaan yang akan dicetak. 

  • Obat Afdruk

ALAT SABLON MEDAN

Obat ini dibutuhkan untuk proses pembuatan pola pada screen. Obat yang biasanya disebut dengan emulsi ini digunakan bersamaan dengan sensitizer agar pola mudah muncul. 

Pada saat pemindahan gambar ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak bagian-bagian rumit dan pesanan sesuai dengan permintaan klien. Setelah pemindahan selesai akan ada proses penghapusan beberapa bagian tidak perlu dari dan screen bisa segera digunakan untuk melakukan cetak. 

  • Rakel Sablon

ALAT SABLON MEDAN

Alat utama untuk memindahkan tinta dari permukaan screen ke permukaan kertas, plastik atau kaos. Berfungsi memberikan tekanan pada permukaan screen agar menempel dengan sempurna dan tidak ada bagian yang kosong. Saat menekan rakel disarankan untuk tidak melakukannya terlalu kuat atau ringan agar hasil sempurna. 

  • Tinta sablon

Ada banyak jenis tinta sablon yang dijual, jenis tinta untuk kaos dan plastik berbeda dengan jenis tinta untuk kertas. Pilihan warnanya pun beragam, bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

  • Pengencer Tinta Sablon

Tinta yang digunakan harus diencerkan terlebih dahulu. Pengenceran ini untuk mendapatkan ketebalan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenis pengencer yang dijual juga ada yang berfungsi untuk menguatkan tinta saat menempel di permukaan. 

  • Meja Afdruk Sablon

Meja ini digunakan untuk proses penyinaran dan membuat pola pada screen. Setelah diberi penyinaran selama beberapa saat, pola tertentu akan muncul dan bisa digunakan untuk proses cetak. Setelah pola muncul, semprot permukaan screen dengan air agar bagian yang dibutuhkan tidak mengelupas. 

  • Penghapus Screen Sablon

Screen sablon yang dipakai untuk proses sablon biasanya dipakai berkali kali. Setelah semua sablon telah selesai dilakukan, Anda bisa mencuci screen hingga bersih agar bisa membentuk pola baru lagi. Anda bisa membeli penghapus screen sablon di toko alat sablon Medan, Eragrafika yang terkenal lengkap dan murah. 

  • Meja Sablon

Disarankan untuk memiliki meja sablon yang cukup luas untuk bisa memproses cetak dengan lebih cepat. Biasanya ada penguin untuk meja sablon yang digunakan untuk mencetak kaos. Dengan pengait itu, bisa mencetak pola yang tepat meski jumlah kaosnya banyak. 

  • Minyak Sablon

Minyak ini digunakan untuk membentuk pola pada kertas. Pola digunakan untuk membuat screen bisa memilah mana bagian yang boleh dilewati tinta dan mana yang tidak agar pola yang dibuat sesuai dengan keinginan. 

  • Pengering Sablon 

Pengering ini digunakan agar tinta yang dipakai segera kering dan tidak menempel dimana-mana. Pada proses lain ada juga yang menggunakan proses press dengan pemanas agar tinta menempel semua. 

Itulah 10 alat sablon yang wajib Anda ketahui jika ingin membuka usaha sablon manual. Anda bisa mendapatkan semua peralatan sablon manual maupun digital terlengkap hanya di toko alat sablon Medan, Eragrafika. Selain itu di Eragrafika juga melayani pembelian via online dan offline, segera kunjungi website Eragrafika dan temukan peralatan sablon yang Anda butuhkan.